HAPPY FOOD NOTES

Lebih Sehat Berenergi: Saatnya Beralih ke Makanan Rendah Indeks Glikemik

Seringkali kita merasakan lonjakan energi yang luar biasa setelah mengkonsumsi makanan tinggi indeks glikemik. Namun sayangnya, energi tersebut akan cepat habis dan membuat tubuh menjadi tidak berenergi atau biasa dikenal dengan istilah sugar crash. Hal ini terjadi karena makanan tinggi indeks glikemik menyebabkan lonjakan gula darah, namun juga cepat hilang dari darah. Lalu, bagaimana cara mendapatkan energi yang berkelanjutan tanpa efek samping yang melelahkan? 
Mengkonsumsi makanan rendah indeks glikemik adalah solusinya. Jenis makanan rendah indeks glikemik akan menjaga gula dalam darah tetap stabil sehingga tubuh akan tetap sehat dan berenergi secara berkelanjutan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memilih alternatif makanan rendah indeks glikemik.

Awali hari dengan sarapan sehat 
Ganti sereal manis anda dengan granola yang dibuat dengan gula rendah GI atau sereal dengan kadar pemanis tambahan  yang lebih sedikit. Sereal yang menggunakan  gula dengan level GI yang tinggi dapat membuat Anda cepat merasa lapar dan justru menginginkan lebih banyak gula lagi. Granola dengan gula rendah GI atau granola dengan jumlah penambahan pemanis yang rendah  adalah pilihan alternatif yang baik karena mempunyai kadar  serat dan protein yang lebih tinggi yang bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Ganti pemanis yang biasa kamu gunakan 
Berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman manis memang tidak mudah untuk dilakukan. Selain itu, diketahui mengkonsumsi makanan manis juga bermanfaat untuk menjaga mood agar tetap baik. Oleh karena itu, kamu tidak perlu berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman manis melainkan cukup mengganti dengan pemanis yang lebih sehat, misal menggunakan gula rendah indeks glikemik seperti gula lontar, gula kelapa, gula aren, kurma.

Beralih ke minuman yang lebih sehat 
Hindari mengkonsumsi minuman kemasan tinggi gula seperti soda, processed fruit juice, atau minuman dengan pemanis buatan. Perbanyak minum air putih agar tubuhmu terhidrasi dengan sehat. Jika kamu merasa bosan, kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air atau bisa mengkonsumsi teh tanpa gula.

Smart snacking 
Pilih snack yang dapat memberikan energi dan zat gizi tambahan bagi tubuh tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Hindari konsumsi snack tinggi gula dan lemak seperti kue, biskuit, kukis, atau keripik. Kamu bisa memilih buah, kacang, atau granola yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral sebagai alternatif snack yang enak & sehat.

Pilih sumber protein yang sehat 
Tingkatkan asupan daging segar tanpa lemak seperti daging ayam segar, daging sapi, atau ikan sebagai sumber protein hewani.  Atau, makanlah makanan yang terbuat dari tempe atau tahu sebagai sumber protein nabati yang sehat. 
Selain itu, kamu juga perlu mengontrol porsi makan dengan bijak untuk mencegah lonjakan gula darah. Porsi makan besar dalam satu waktu dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko diabetes. 
YAVA menyediakan sarapan dan camilan enak DAN sehat rendah indeks glikemik serta mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Cocok untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan makan rendah indeks glikemik.

Referensi: 
1. Glycemic Index Foundation. 2024. Simple Low GI Swaps. GI Symbol 
2. Kemenkes RI. 2023. 9 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
3. Mansi Chaudhary, Mansi et.al. 2022.  Nutritional Properties and Organoleptic Evaluation of Formulated Granola Bar . Int. J. Food Ferment. Technol.: 12(01): 41-45, June 2022 
4. SHN Staff.2022. Sugar Crash Effects and How to Fix Them. Stanford Health